Hubungi Kami : 0852 9090 9793 - 0856 4046 3320 - ( 0878 3210 6301 WA & Telepon / SMS ) - BBM 2B9DB5D0

Sipilis

Sipilis / Sifilis atau raja singa adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri spiroset Treponema pallidum sub-spesies pallidum. Rute utama penularannya melalui kontak seksual; infeksi ini juga dapat ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan atau saat kelahiran, yang menyebabkan terjadinya sifilis kongenital. Penyakit lain yang diderita manusia yang disebabkan oleh Treponema pallidum termasuk yaws (subspesies pertenue), pinta(sub-spesies carateum), dan bejel (sub-spesies endemicum).

Tanda dan gejala sifilis bervariasi bergantung pada fase mana penyakit tersebut muncul (primer, sekunder, laten, dan tersier). Fase primer secara umum ditandai dengan munculnya chancre tunggal (ulserasi keras, tidak menimbulkan rasa sakit, tidak gatal di kulit), sifilis sekunder ditandai dengan ruam yang menyebar yang seringkali muncul di telapak tangan dan tumit kaki, sifilis laten biasanya tidak memiliki atau hanya menunjukkan sedikit gejala, dan sifilis tersier dengan gejala gumma, neurologis, atau jantung. Namun, penyakit ini telah dikenal sebagai “peniru ulung” karena kemunculannya ditandai dengan gejala yang tidak sama. Diagnosis biasanya dilakukan melalui tes darah; namun, bakteri juga dapat dilihat melalui mikroskop. Sifilis dapat diobati secara efektif dengan antibiotik, khususnya dengan suntikan penisilin G (yang disuntikkan untuk neurosifilis), ataupun ceftriakson, dan bagi pasien yang memiliki alergi berat terhadap penisilin, doksisiklin atau azitromisin dapat diberikan secara oral atau diminum.

Sifilis diyakini telah menginfeksi 12 juta orang di seluruh dunia pada tahun 1999, dengan lebih dari 90% kasus terjadi di negara berkembang. Setelah jumlah kasus menurun secara dramatis sejak ketersediaan penicilin di seluruh dunia pada 1940an, angka infeksi kembali meningkat sejak pergantian milenium di banyak negara, terkadang muncul bersamaan dengan human immunodeficiency virus (HIV). Angka ini disebabkan sebagian oleh praktik seks yang tidak aman di antara laki-laki yang berhubungan seksual dengan laki-laki, seks bebas dan angka prostitusi tinggi, serta penurunan penggunaan proteksi pelindung

Tanda dan gejala
Sifilis dapat muncul pada satu di antara empat fase yang berbeda; primer, sekunder, laten, dan tersier, dan bisa juga terjadi secara congenital. Fase ini disebut sebagai “peniru yang hebat” oleh Sir William Osler dikarenakan kemunculannya yang bervariasi.

Primer
Sifilis primer umumnya diperoleh dari kontak seksual secara langsung dengan orang yang terinfeksi ke orang lain.

Sekitar 3 sampai 90 hari setelah awal kedapatan (rata-rata 21 hari) luka di kulit dinamakan chancre, tampak pada saat kontak. Lesi ini biasanya (40 % dari waktu) tunggal, kokoh, tanpa rasa sakit, pemborokan kulit tanpa rasa gatal dengan dasar yang bersih serta berbatasan tajam antara ukuran 0,3 dan 3,0 cm. Walau bagaimanapun luka bisa dikeluarkan hampir dalam bentuk apapun.

Kadang-kadang, lesi ganda mungkin muncul (~40%). Lesi ganda lebih umum ketika koinfeksi dengan HIV. Lesi mungkin nyeri atau perih (30%), dan bisa terjadi di luar kelamin (2–7%). Letak paling umum pada wanita adalah di cervix (44%), penis laki-laki heteroseksual (99%), dan anal serta rektal umumnya secara relatif (laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki) (34%). Pelebaran nodus limfa;(80%) sering kali terjadi di sekitar daerah infeksi, terjadi selama 10 hari setelah pembentukan tukak. Lesi dapat bertahan selama tiga hingga enam minggu tanpa pengobatan.

Sekunder

Sifilis sekunder pada umumnya ditandai dengan munculnya ruam pada telapak tangan.

Papules kemerah-merahan dan banyaknya nodul di badan menandai terjadinya sifilis sekunder.
Sifilis sekunder seringnya terjadi empat sampai sepuluh minggu setelah infeksi primer. Sementara penyakit sekunder dapat dikenal dalam berbagai cara secara nyata, gejala-gejala paling umum berkaitan dengan kulit, selaput lendir, dan nodus limfa. Di sana mungkin terdapat kesamaan, kemerah-merahan-pink, ruam yang tidak gatal pada batang dan ekstrim, termasuk pada telapak tangan dan soles. Ruam bisa menjadi makulopapular atau pustular. Itu bisa berbentuk datar, lebar, keputih-putihan, lesi mirip kutil dikenal sebagai kondiloma latum pada selaput lendir.

Semua dari endapan bakteri lesi terinfeksi. Gejala lain termasuk demam, sakit tenggorokan, malaise, berat badan turun, rambut rontok, dan sakit kepala. Jenis penyakit lainnya yang jarang terjadi termasuk hepatitis, ginjal penyakit, radang sendi, periostitis , optik neuritis, uveitis, dan interstitial keratitis.

Gejala akut biasanya diatasi setelah tiga hingga enam minggu; namun sekitar 25% orang bisa kambuh gejala sekunder. Banyak orang yang mengalami sifilis sekunder (40-85% dari wanita, 20-65% dari laki-laki) tidak melaporkan mengalami chancre dari sifilis primer sebelumnya.

Laten
Sifilis laten didefinisikan seperti mengalami bukti serologis dari infeksi tanpa gejala-gejala dari penyakit. Penyakit ini dijelaskan lebih lanjut sebagai lebih awal (kurang dari 1 tahun setelah sifilis sekunder) atau akhir (lebih dari 1 tahun setelah sifilis sekunder) di Amerika serikat. Amerika serikat memanfaakkan memotong dari dua tahun dini dan akhir sifilis laten. Awal sifilis laten bisa mempunyai gejala- gejala kambuh. Akhir sifilis laten adalah asimptomatik, dan tidak menular seperti awal sifilis laten.

Tersier

Sifilis tersier bisa terjadi kira-kira 3 hingga 15 tahun setelah infeksi awal, dan bisa dibagi kedalam tiga bentuk berbeda; sifilis gummatous (15%), akhir neurosifilis (6.5%),dan kardiovaskular sifilis (10%). Tanpa pengobatan, ketiga dari orang yang terinfeksi berkembang ke penyakit tersier. Orang dengan sifilis tersier adalah bukan penular.

Sifilis gummatous atau sifilis akhir benign biasanya terjadi 1 hingga 46 tahun setelah infeksi awal, dengan rata-rata 15 tahun. Fase ini ditandai oleh pembentukan gumma kronik, yang lembut,mirip peradangan bola tumor yang bisa bermacam-macam dan sangat signifikan bentuknya gumma umumnya mempengaruhi kulit, tulang, dan liver, tetapi bisa terjadi dimanapun.

Neurosifilis merujuk pada infeksi yang melibatkan sistem saraf pusat yang bisa terjadi dini, menjadi tak bergajala atau dalam bentuk dari meningitis sifilistik yang berhubungan dengan keseimbangan yang lemah dan nyeri kilat pada ekstrimitas lebih rendah. Akhir neurosifilis umumnya terjadi 4 hingga 25 tahun setelah infeksi awal. Siflis meningovaskular umumnya muncul dengan apati dan sawan, serta telah umum dengan demensia dan dorsalis. Juga di sana mungkin terdapat pupil Argyll Robertson, tempat pupil kecil bilateral menyempit ketika orang fokus pada objek dekat, tapi tidak menyempit ketika terkena cahaya terang.

Sifilis kardiovaskular biasanya terjadi 10-30 tahun setelah infeksi awal. Komplikasi yang paling umum adalah syphilitic aortitis, yang dapat mengakibatkan pembentukan aneurisme.

Kongenital
Sifilis kogenital bawaan sejak lahir dapat terjadi selama kehamilan atau selama kelahiran. Dua dari tiga bayi sifilis lahir tanpa gejala. Gejala umum yang kemudian berkembang dari kehidupan beberapa tahun pertama meliputi: hepatosplenomegali (70%), ruam (70%), demam (40%), neurosyphilis (20%), dan pneumonitis (20%). Jika terobati sifilis kongenital tahap akhir dapat terjadi di 40% meliputi: hidung; pelana kelainan bentuk, tanda Higoumenakis, saber shin, atau persendian Clutton di antara lainnya.

Sebab

Bakteriologi

Treponema pallidum subspesies pallidum adalah bentuk spiral, Gram-negative bakteri sangat lincah. Tiga penyakit lain manusia disebabkan oleh Treponema pallidum, meliputi patek, (subspesies pertenue), pinta, (sub spesies carateum). Tidak seperti sub-tipe pallidum’’, spesies tersebut tidak menyebabkan penyakit neurologis. Manusia adalah satu-satunya sub-spesies “palidum” yang dikenal reservoir alami.

Treponema pallidum sub spesies pallidum adalah berbentuk spiral, gram-negatif, bakteri yang bergerak lincah.Tiga penyakit terkait lain manusia disebabkan oleh Treponema pallidum, di antaranya yaws (subspesies pertenue), pinta (subspesies carateum) dan bejel (subspesiesendemicum). Tidak seperti subtipe pallidum, penyakit-penyakit tersebut tidak menyebabkan penyakit neurologis. Manusia dikenal sebagai satu-satunya penampung alami untuk subspesies pallidum. Subspesies “pallidum” tidak mampu bertahan tanpa inang selama lebih dari beberapa hari. Itu dikarenakan genomnya yang kecil (1.14 MDa) mengalami kegagalan untuk menyandikan jalur-jalur metabolisme yang diperlukan untuk membuat sebagian besar makronutriennya.Pembuatan mikronutriennya dua kali lebih lambat waktunya jauh lebih lama berjam-jam dari 30 .

Penularan
Sifilis terutama ditularkan melalui kontak seksual atau selama kehamilan dari ibu ke janinnya; spiroseta mampu menembus membran mokusa utuh atau ganguan kulit. Oleh karena itu dapat ditularkan melalui mencium area di dekat lesi, serta seks oral, vaginal, dan anal. Sekitar 30 sampai 60% dari mereka yang terkena sifilis primer atau sekunder akan terkena penyakit tersebut. Contoh penularannya, seseorang yang disuntik dengan hanya 57 organisme mempunyai peluang 50% terinfeksi. Sebagian besar (60%) dari kasus baru di United States terjadi pada laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki. Penyakit tersebut dapat ditularkan lewat produk darah. Namun, produk darah telah diuji di banyak negara dan risiko penularan tersebut menjadi rendah. Risiko dari penularan karena berbagi jarum suntik tidaklah banyak. Sifilis tidak dapat ditularkan melalui dudukan toilet, aktifitas sehari-hari, bak panas, atau berbagi alat makan serta pakaian.

Sipilis adalah penyakit kelamin yang tidak bisa menyerang pria maupun wanita lewat hubungan seksual. Penyakit ini tidak bisa ditularkan melalui tukar menukar alat makan, pakaian, dudukan toilet, gagang pintu, telepon, atau lewat kolam renang. Yang patut diperhatikan adalah bahwa penyakit sipilis atau raja singa ini tidak terlalu tampak gejala-gejalanya, sehingga penderita bisa saja langsung berada pada stadium akhir, tanpa sadar jauh-jauh sebelumnya.

Penyakit sifilis ditandai dengan gejala munculnya luka pada daerah kelamin, bisa juga mulut atau bibir yang terinfeksi (jika melakukan seks oral). Sakit atau nyeri pada luka yang kemudian akan hilang Begitu juga luka yang akan hilang. Pada tahap berikutnya, penderita bisa mengalami sakit kepala, demam, dan ruam-ruam pada kulit. Namun gejala tersebut akan hilang dan muncul gejala yang lain. Selama dua atau tiga tahun, akan hilang gejala-gejalanya lagi, biasa disebut dengan masa laten. Baru setelah lima sampai sepuluh tahun, penyakit ini akan menyerang system syaraf otak, jantung, dan pembuluh darah.

Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita

Penderita wanita akan mengalami berbagai gejala yang dibagi dalam empat stadium, yakni sebagai berikut:

  • Stadium pertama ditandai dengan adanya luka di daerah vagina. Luka tersebut merah dan basah. Pembengkakan kelenjar getah bening juga terjadi di stadium awal ini. Namun setelah beberapa minggu luka tersebut akan sembuh. Meskipun demikian, dalam tahap ini, penyakit ini sangat rawan untuk ditularkan.
  • Stadium kedua. Pada stadium ini, jika luka pada stadium satu tidak diobati, biasanya akan timbul ruam. Ruam-ruam tersebut biasanya timbul di sekitar kaki dan tangan. Bisa juga muncul luka di kelamin, dubur, bibir, mulut, tenggorokan. Gejala lain seperti sakit kepala, flu, demam juga akan terjadi pada stadium ini. Stadium kedua ini akan berlangsung sekitar satu sampai dua minggu.
  • Stadium ketiga. Jika gejala pada stadium dua tidak diobati, maka penderitanya akan mengalami sipilis laten. Maksud dari sipilis laten adalah, gejala-gejala sipilis akan tidak tampak sama sekali. Namun sebenarnya penyakit tersebut masih bersarang di dalam tubuh dan mulai menyebar ke seluruh tubuh. Sipilis laten ini akan berlangsung sekitar lima sampai 10 tahun.
  • Stadium terakhir. Pada level ini, penyakit sipilis akan menyebar ke organ-organ penting seperti otak, jantung, tulang, pembuluh darah.

Gejala Penyakit Sipilis pada Pria

Gejala yang muncul pada penderita pria sama saja. Pada pria, luka akan muncul di penis. Penyakit sipilis dapat disembuhkan. Untuk mengetahui keberadaan penyakit sipilis dan pengobatannya, bisa dilakukan dengan pemeriksaan awal dan suntikan antibody benxatin penisilin G. Tentu saja pemeriksaan dan pengobatan bisa dilakukan pada stadium sekunder pada awal-awal gejala penyakit. Jika penyakit sudah pada tahap laten, maka pengobatan harus dilakukan minimal tiga kali seminggu.

Penisilin membantu membunuh bakteri penyebab penyakit sehingga tidak dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lainnya. Bagi orang yang sering gonta ganti pasangan, narapidana, orang yang memiliki perilaku seks menyimpang, dan berisiko terkena penyakit sipilis ada baiknya untuk memeriksakan diri dengan melakukan tes sipilis. Tentu saja tindakan ini dilakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko, tertular dan menularnya penyakit kelamin ini. Tetap menjaga perilaku seksual dengan cara tidak bergonta-ganti pasangan, dan menjaga pola pergaulan.

Incoming search terms for the article:

Sipilis
Artikel "Sipilis" ditulis oleh admin update terakhir pada 28th December 2015 Categories: Pengobatan Sipilis Raja Singa Tags: permalinks http://www.kliniksehatiku.com/sipilis.html di Kliniksehatiku.com

Related Posts:

Konsultasi Dan Pemesanan
selamat datang

Konsultasi dan Pemesanan Hubungi

Telepon/SMS
Telkomsel 
0852 9090 9793
Indosat 
0856 4046 3320

Telepon/SMS/WhatsApp
XL
+62878 3210 6301

BBM pin 2b9db5d0

( 24 jam Pelayanan)
TESTIMONI & BUKTI KIRIM
Prodak De Nature Indonesia
Recent Comments
    TERIMA KASIH PARA KONSUMEN ATAS KEPERCAYAANNYA KEPADA KAMI
    TERIMA KASIH PARA KONSUMEN ATAS KEPERCAYAANNYA KEPADA KAMI SEHINGGA KAMI AGEN PENGOBATAN DE NATURE INDONESIA BERHASIL MENGIRIMKAN OBAT SAMPAI KE ALAMAT ANDA .

    JAWA TENGAH :

    Banjarnegara Banyumas Purwokerto Batang Blora Boyolali Brebes Cilacap Demak Grobogan Purwodadi Jepara Karanganyar Kebumen Kendal Klaten Kudus Magelang Pati Pekalongan Kajen Pemalang Purbalingga Purworejo Rembang Semarang Sragen Sukoharjo Ungaran Tegal slawi Temanggung Wonogiri Wonosobo Kota Magelang Kota Pekalongan Kota Salatiga Kota Semarang Kota Surakarta Kota Tegal 

    YOGAKARTA :

    Bantul Gunung Kidul Wonosari Kulon Progo Wates Sleman Kota Yogyakarta 

    JAWA BARAT :

    Bandung Soreang Ciamis Cianjur Bogor Bandung Barat Bekasi Cikarang Cibinong Cirebon GarutIndramayu Karang Kuningan Majalengka Purwakarta Subang Sukabumi Pelabuan Ratu Sumedang Tasikmalaya Kota Bandung Kota Banjar Kota Bekasi Kota Bogor Kota Cimahi Kota Cirebon Kota Depok Kota Sukabumi Kota Tasikmalaya

    JAWA TIMUR :

    Bangkalan MADURA Banyuwangi Blitar Kanigoro Bojonegoro Bondowoso Gresik Jember Jombang Kediri Lamongan Lumajang Madiun Caruban Magetan Malang Kepanjen Mojokerto Nganjuk Ngawi Pacitan Pamekasan Pasuruan Ponorogo Probolinggo Sampang Sidoarjo Situbondo Sumenep Trenggalek Tuban Tulungagung Kota Batu Kota Blitar Kota Kediri Kota Madiun Kota Malang Kota Mojokerto Kota Pasuruan Kota Probolinggo Kota Surabaya

    JAKARTA :

    JAKARTA PUSAT JAKARTA SELATAN JAKARTA BARAT JAKARTA TIMUR JAKARTA UTARA KEPULAUAN SERIBU

    BANTEN :

    Lebak Pandeglang Serang Tangerang Cilegon

    BALI :

    Kabupaten Badung Kota Denpasar Kabupaten Bangli Kabupaten Buleleng Kabupaten Gianyar Kabupaten Jembrana Kabupaten Karangasem Kabupaten Klungkung Kabupaten Tabanan Kuta Bali

    Nanggroe Aceh Darussalam

    Meulaboh Aceh Barat Blangpidie Aceh Barat Daya Jantho Aceh Besar Calang Aceh Jaya Tapak Tuan Aceh Selatan Aceh Singkil Karang Baru Aceh Tamiang Takengon Aceh Tengah Kutacane Aceh Tenggara Idi Rayeuk Aceh Timur Lhoksukon Aceh Utara Simpang Tiga Redelong Bener Meriah AcehBireuen Aceh Blang Kejeren Gayo Lues Aceh Suka Makmue Nagan Raya Aceh Sigli Kabupaten Pidie Aceh Meureudu Pidie Jaya Aceh Sinabang Simeulue Aceh Banda Aceh Langsa Aceh Lhokseumawe AcehSabang Aceh Subulussalam Aceh

    SUMATERA

    Binjai GunungSitoli Medan Padangsidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Kisaran Kabupaten Asahan Limapuluh Kabupaten Batubara Sidikalang Kabupaten DairiLubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Kabanjahe Kabupaten Karo Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara Stabat Kabupaten Langkat Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Gunung Sitoli Kabupaten Nias Lahomi Kabupaten Nias BaratTeluk Dalam Kabupaten Nias Selatan Lotu Kabupaten Nias Utara Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas UtaraSalak Kabupaten Pakpak Bharat Pangururan Kabupaten Samosir Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Raya Kabupaten Simalungun Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Balige Kabupaten Toba Samosir 

    SUMATERA BARAT

    Lubuk Basung Kabupaten Agam Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Tuapejat Kabupaten Kepulauan Mentawai Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat Painan Kabupaten Pesisir Selatan Muaro Sijunjung Kabupaten Sijunjung Arosuka Kabupaten SolokPadang Aro Kabupaten Solok Selatan Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Bukittinggi Padang Padangpanjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok 

    Bengkulu

    Manna Bengkulu Selatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah Arga Makmur Bengkulu Utara Kaur Kepahiang Lebong Mukomuko Rejang Lebong Seluma Kota Bengkulu

    Jambi

    Batanghari Bungo Kerinci Merangin Muaro Jambi Sarolangun Tanjung Jabung Barat Tanjung Jabung Timur Tebo Jambi Sungai Penuh

    RIAU

    Bengkalis Indragiri Hilir Indragiri Hulu Kampar Kuantan Singingi Pelalawan Rokan Hilir Rokan Hulu Siak Kepulauan Meranti Dumai Pekanbaru

    Sumatera Selatan 

    Banyuasin Empat Lawang Lahat Muara Enim Musi Banyuasin Musi Rawas Ogan Ilir Ogan Komering IlirOgan Komering Ulu Ogan Komering Ulu SelatanOgan Komering Ulu Timur Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih

    Lampung 

    Liwa Lampung Barat Kalianda Lampung Selatan Gunung Sugih Lampung Tengah Sukadana Lampung Timur Mesuji Pesawaran Pringsewu Tanggamus Tulang Bawang Tulang Bawang Barat Way Kanan Bandar Lampung Metro

    Kepulauan Bangka Belitung

    Bangka Bangka Barat Bangka Selatan Bangka Tengah Belitung Belitung Timur Pangkal Pinang

    Kepulauan Riau

    Bintan Karimun Kepulauan Anambas Lingga NatunaBatam Tanjung Pinang

    Nusa Tenggara Barat

    Bima Dompu Lombok Barat Lombok TengahLombok Timur Lombok Utara Sumbawa Sumbawa Barat Bima Mataram

    Nusa Tenggara Timur

    Alor Belu Ende Flores Timur Kupang Lembata Manggarai Manggarai Barat Manggarai Timur Ngada Nagekeo Rote Ndao Sabu Raijua Sikka Sumba Barat Sumba Barat Daya Sumba Tengah Sumba Timur Timor Tengah Selatan Timor Tengah Utara Kupang

    Kalimantan Barat

    Bengkayang Kapuas Hulu Kayong Utara KetapangKubu Raya Landak Melawi Pontianak Sambas Sanggau Sekadau Sintang Pontianak Singkawang

    Kalimantan Selatan

    Balangan Banjar Barito Kuala Hulu Sungai SelatanHulu Sungai Tengah Hulu Sungai Utara Kotabaru Tabalong Tanah Bumbu Tanah Laut Tapin Banjarbaru Banjarmasin

    Kalimantan Tengah

    Barito Selatan Barito Timur Barito Utara Gunung Mas Kapuas Katingan Kotawaringin Barat Kotawaringin Timur Lamandau Murung Raya Pulang Pisau Sukamara Seruyan Palangka Raya

    Kalimantan Timur

    Berau Bulungan Kutai Barat Kutai Kartanegara Kutai Timur Malinau Nunukan Paser Penajam Paser Utara Tana Tidung Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan

    Gorontalo

    Boalemo Bone Bolango Gorontalo Gorontalo UtaraPohuwato

    Sulawesi Selatan

    Bantaeng Barru Bone Bulukumba Enrekang Gowa Jeneponto Kepulauan Selayar Luwu Luwu Timur Luwu Utara Maros Pangkajene dan Kepulauan Pinrang Sidenreng Rappang Sinjai Soppeng Takalar Tana Toraja Toraja Utara Wajo Makassar Palopo Pare-pare

    Sulawesi Tenggara

    Bombana Buton Buton Utara Kolaka Kolaka UtaraKonawe Konawe Selatan Konawe Utara MunaWakatobi Bau-Bau Kendari

    Sulawesi Tengah

    Banggai Banggai Kepulauan Buol Donggala Morowali Parigi Moutong Poso Tojo Una-Una Toli-Toli Sigi Palu

    Sulawesi Utara

    Bolaang Mongondow Bolaang Mongondow Selatan Bolaang Mongondow Timur Bolaang Mongondow Utara Kepulauan Sangihe Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Kepulauan Talaud Minahasa Minahasa Selatan Minahasa Tenggara Minahasa Utara Bitung Kotamobagu Manado Tomohon

    Sulawesi Barat

    Majene Mamasa Mamuju Mamuju Utara Polewali Mandar

    Maluku

    Buru Buru Selatan Kepulauan Aru Maluku Barat Daya Maluku Tengah Maluku Tenggara Maluku Tenggara Barat Seram Bagian Barat Seram Bagian Timur Ambon Tual

    Maluku Utara

    Halmahera Barat Halmahera Tengah Halmahera Utara Halmahera Selatan Kepulauan Sula Halmahera Timur Pulau Morotai Ternate Tidore Kepulauan

    Papua

    Asmat Biak Numfor Boven Digoel Deiyai DogiyaiIntan Jaya Jayapura Jayawijaya Keerom Kepulauan Yapen Lanny Jaya Mamberamo Raya Mamberamo Tengah Mappi Merauke Mimika Nabire Nduga Paniai Pegunungan Bintang Puncak Puncak Jaya Sarmi Supiori Tolikara Waropen Yahukimo Yalimo Jayapura

    Papua Barat

    Fakfak Kaimana Manokwari Maybrat Raja Ampat Sorong Sorong Selatan Tambrauw Teluk Bintuni Teluk Wondama Sorong

    Luar Negeri
    Malaysia , Singapure , Brunei , Hongkong , Taiwan , Korea , Jepang , Australia 
    2015 - Kliniksehatiku.com